PKS Gunakan Uang Kenaikan Tunjangan Anggota DPR untuk Korban Asap

Jumat, 23 Oktober 2015 | 15:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Fraksi Partai Keadilan Sejahtera di DPR mendonasikan seluruh dana kenaikan tunjangan anggota Dewan untuk korban kabut asap di Sumatera, Kalimantan, dan beberapa daerah lainnya di Indonesia. Adapun dana yang disumbangkan sebesar Rp 675.788 juta.

"Sejak kenaikan tunjangan jadi pembicaraan, Fraksi PKS secara terbuka melihat kondisi ekonomi semakin terpuruk. Tidak tepat kenaikan itu diterima sekarang, jadi kami prioritaskan untuk kepentingan masyarakat yang membutuhkan," ujar Ketua Fraksi PKS di DPR Jazuli Juwaini di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Jumat (23/10/2015).

Menurut Jazuli, DPP PKS menyarankan agar uang kenaikan tunjangan tidak dikembalikan kepada pemerintah. Sebab, dana yang dikembalikan akan mengendap pada kas negara, dan baru bisa dicairkan pada pembahasan rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (R-APBN) selanjutnya.

Sementara itu, saat ini banyak warga menjadi korban kabut asap yang membutuhkan bantuan cepat. Untuk itu, Fraksi PKS memutuskan menyerahkan sepenuhnya dana kenaikan tunjangan tersebut kepada rakyat, terutama korban asap di Sumatera dan Kalimantan.

Adapun bantuan yang akan diberikan berupa penyediaan ruangan kedap asap untuk menampung warga. Ruangan itu dilengkapi AC dan penyaring udara. Bantuan lainnya berupa akomodasi bagi kelompok warga berisiko tinggi, seperti wanita hamil, anak-anak, warga disabilitas, dan warga lansia.

Tim yang tergabung dalam Gerakan Nasional Tanggap Asap PKS akan mengevakuasi korban ke wilayah yang lebih aman. Selain itu, tim akan melakukan penggalangan bantuan, dana, logistik, dan pemenuhan kebutuhan primer korban, seperti makanan serta obat-obatan.

"Tim juga akan memobilisasi, mendukung upaya pemadaman titik api, dan memobilisasi gerakan doa, memohon keselamatan," ujar Ketua Tim Gerakan Nasional Tanggap Asap PKS Fahmi Alaidrus.

Sumber: http://nasional.kompas.com/read/2015/10/23/15131321/PKS.Gunakan.Uang.Kenaikan.Tunjangan.Anggota.DPR.untuk.Korban.Asap.

PKS Gunakan Uang Kenaikan Tunjangan Anggota DPR untuk Korban Asap  PKS Gunakan Uang Kenaikan Tunjangan Anggota DPR untuk Korban Asap Reviewed by PKS Sukadiri on 06.19 Rating: 5

Tidak ada komentar:

NUSmediabaru. Diberdayakan oleh Blogger.